Kamis, 11 April 2013

Kaitan Antara Ekonomi dan Pertanian Dalam Ilmu Ekonomi Pertanian

Kaitan Antara Ekonomi dan Pertanian Dalam Ilmu Ekonomi Pertanian

Di negara Agraris seperti Indonesia bahkan di negara maju sekalipun, sektor pertanian adalah sektor yang tidak dapat dikesampingkan keberadaannya. Karena posisi pertanian yang menopang sektor lain seperti Industri dan pangan, sehingga sektor pertanian menjadi sangat penting keberadaannya. Pangan di dalam ilmu ekonomi masuk dalam salah satu kriteria utama di samping sandang dan papan. Jadi sektor pertanian sebagai penyuplai pangan menjadi salah satu elemen penting bagi perekonomian sebuah negara. Jika di artikan maka definisi ekonomi pertanian kurang lebih berisi ilmu ekonomi yang mempelajari masalah-masalah yang berhubungan dengan pertanian, sehingga dapat dicari penyelesaian dan jalan keluarnya.

Posisi Indonesia Dalam Bidang Ekonomi Pertanian

Seperti sudah dibahas diatas, Indonesia sebagai negara agraris yang sangat menggantungkan diri dari hasil pertanian seperti beras, jagung, singkong, sayuran, buah-buahan dan lain lain sebagai bahan pangan utama yang dikonsumsi masyarakat. Maka jika kita sadari sebenarnya bidang ekonomi pertanian di negara kita adalah salah satu sektor terpenting yang harus diberdayakan, karena hasil pertanian diserap dengan tinggi oleh masyarakat.

Namun itu tidak di sadari oleh banyak pihak banyak lahan-lahan produktif harus alih fungsi dengan perumahan maupun industri begitu pula dengan tenaga ahli yang semakin berkurang dan kurang tertarik pada bidang ekonomi pertanian di banding cabang ekonomi lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar